Pengertian Warehousing dan Pedoman Umum Penggudangan Logistik

Pengertian Warehousing


Warehousing/Pergudangan adalah segala upaya pengelolaan gudang yang meliputi penerimaan, penyimpanan, pemeliharaan, pendistribusian, pengendalian dan pemusnahan serta pelaporan logistik dan peralatan logistik agar kualitas dan kuantitas tetap terjamin. Secara tradisional, gudang dipandang sebagai tempat untuk menahan atau inventaris toko. Namun, secara kontemporer, fungsi warehouse untuk mencampur pengaturan persediaan untuk memenuhi kebutuhan pelanggan.

Dari pengertian penggudangan ini dapat digaris bahwa kegiatan penggudangan tidak sekedar kegiatan memasukkan barang dalam ruang penyimpanan (gudang), tetapi lebih dari itu, dalam kegiatan penggudangan penting dilakukan perencanaan, pengorganisasian, serta pengendalian logistic baik secara teknis maupun administrative sehingga kegiatan tersebut dapat menjamin dan menjaga kelangsungan dan kesinambungan setiap aktivitas dalam setiap unit kerja di dalam suatu organisasi.

Merujuk beberapa kegiatan penggudangan dan tujuan penggudangan tersebut, ada beberapa pedoman umum untuk melakukan kegiatan penggudangan, yakni:


  1. Menjaga kelancaran penerimaan dan pengeluaran logistic.
  2. Menjaga ketertiban administrasi penggudangan, baik untuk menjamin keamanan barang maupun menyediakan piranti pertanggungjawaban pengelolaan penggudangan.
  3. Melakukan penyimpanan logistic secara tepat sehingga logistic yang ada mudah dicek, ditemukan dan diambil.
  4. Melakukan pengaturan barang secara tepat sehingga mampu menjamin kemanan dan keselamatan barang, petugas gudang maupun pihak-pihak yang berkepentingan.
  5. Melakukan perawatan barang dengan baik sehingga barang dalam gudang tidak sekedar sebagai barang persediaan, tetapi juga barang yang siap pakai (ready for use).


Agar pedoman ini dapat diimplementasikan dengan baik, perlu adanya rancangan dan implementasi sistem kerja penggudangan logistik yang jelas dan tepat dalam setiap organisasi.

Comments